Pidato Kemenpora..

Sambutan Menteri Negara Pemuda dan Olahraga

pada Buku Pedoman Pelaksanaan Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 82 Tahun 2010.


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam Sejahtera bagi kita semua

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT – Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas rahmah dan hidayah-Nya kita semua berkesempatan memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-82 pada 28 Oktober di tahun 2010. Kepada Yang Maha Kuasa pula kita bersyukur pemuda Indonesia terus tumbuh berkembang mengisi hari ini dan membangun masa depan bangsa dengan karya, kreativitas, serta semangat kemajuan dan kebersamaan.

Bagi kaum muda Indonesia, Hari Sumpah Pemuda selalu memicu inspirasi dan motivasi baru untuk memajukan bangsa Indonesia. Setiap tahun kita berkesempatan merasakan kembali  tekad, semangat, dan harapan pemuda-pemudi di zaman pergerakan itu akan Indonesia yang bersatu: Satu tanah air, satu bangsa, satu bahasa Indonesia.

Cita-cita luhur itu telah merajut kemajemukan menjadi suatu keutuhan yang bertujuan merdeka dan bebas dari kekangan untuk menentukan masa depan sendiri. Para pemuda-pemudi saat itu juga sangat sadar bahwa tuntutan mereka mensyaratkan tanggung-jawab bersama yang terus-menerus untuk membuktikan kemampuan bangsa ini mewujudkan harapan-harapan rakyatnya. Kekuatan tekad dan semangat mereka ini adalah dasar dari karakter bangsa Indonesia, khususnya para pemuda, yang harus terus kita kembangkan.

Tema Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-82 tahun ini: “Bangun Karakter Pemuda Demi Bangsa Indonesia Yang Maju dan Bermartabat” mengandung pesan bahwa langkah menuju Indonesia yang maju dan bermartabat sangat bergantung pada karakter pemuda yang kokoh di atas semangat persatuan dan kesatuan Indonesia. Karakter yang kokoh ini bercirikan semangat patriotik, jiwa nasionalis, jati diri yang mengakar, wawasan luas, kecerdasan yang mencerahkan, kepedulian yang merekatkan, serta keteguhan untuk bersatu yang semuanya dinaungi oleh nilai-nilai Pancasila dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pemuda Indonesia dengan kepribadian Indonesia yang tertanam dalam jiwanya akan mampu berpengaruh besar dalam menentukan arah dan langkah bangsa ketika menghadapi persoalan-persoalan kini dan di masa depan. Untuk itu,  pemuda Indonesia harus terus-menerus mempersiapkan diri, baik secara individu maupun bersama-sama, untuk memupuk, memelihara, dan memperkokoh kepribadian Indonesia.
Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-82 ini adalah milik pemuda Indonesia dan berisikan dua rangkaian kegiatan besar, yaitu Bulan Bakti Pemuda Indonesia dan Pekan Peringatan Hari Sumpah Pemuda. Kedua rangkaian ini memberikan ruang yang luas bagi pemuda Indonesia untuk menunjukkan sekaligus melatih kepedulian serta semangat mereka akan ke-Indonesia-an. Mari kita laksanakan rangkaian peringatan ini dengan penuh kesungguhan agar harapan untuk membangun generasi penerus bangsa Indonesia ini dapat tercapai dengan baik.

Akhirnya, dengan memanjatkan rasa syukur kepada Allah SWT – Tuhan Yang Maha Kuasa, saya mengucapkan selamat memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-82, semoga keluhuran dan keteladanan pemuda-pemuda pada Kongres Pemuda Indonesia Kedua di tahun 1928 terus mengilhami pemuda Indonesia untuk berjuang demi bangsanya di hari ini dan di masa depan.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dicutat oleh : Andika

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s